Sejarah berisi catatan perkembangan peradaban manusia, sejarah juga mencatat tentang perkembangan teknologi nuklir (termasuk PLTN)

Bila kita kelompokkan maka menurut sejarah ada beberapa fakta / faktor yang mempengaruhi pengembangan teknologi nuklir – PLTN (disertai pengaruh faktor tsb bagi Indonesia)

  1. Persaingan Teknologi. (Soviet – Amerika, India – Pakistan, Korea Selatan – Korea Utara). –> faktor ini akan berpengaruh bagi Indonesia kalau negara tetangga seperti Timor-timur, Singapura, Malaysia membangun PLTN.
  2. Negara berbasis militer / diktator (Soviet, China, Korea Utara), –> faktor ini tepat bagi Indonesia di jaman orde baru.
  3. Kurangnya Sumber daya Energi (Jepang, Korea Selatan), –> buat Indonesia ya kita tunggu cadangan batu bara di Sumatera-Kalimantan menipis/habis.
  4. Jumlah penduduk yang besar, kebutuhan energi yang tinggi (China, India, Brazil) –> alasan ini tepat untuk Indonesia, tetapi ya tetap menunggu cadangan batu bara tidak lagi mencukupi.
  5. Government dipercaya rakyat, pelaksanaan kebijakan pemerintah berarti kesejahteraan rakyat (Jepang, UEA), Indonesia kapan ya?
  6. promosi PLTN oleh Tokoh Agama / Ulama (Iran), Ulama menyatakan PLTN penting untuk pasokan energi, penguasaan teknologi, alasan politik. faktor ini bisa berpengaruh banyak di Indonesia jika doeloe, Gus Dur dan Amien Rais ikut kampanye PLTN…🙂

bila kita lihat pada point-point di atas maka ada beberapa negara yang memiliki lebih dari satu faktor/alasan sejarah untuk membangun PLTN, semakin banyak faktor maka semakin mungkin diambil opsi PLTN….dan bila kita lihat fakta yang terjadi sekarang di Timur-tengah…akankah PLTN menjamur di sini karena alasan yang pertama? Persaingan Teknologi??…atau alasan kedua? …kita lihat saja nanti🙂

NB:

  • saya bukan ahli sejarah, jadi silahkan ditambah/dikoreksi bila ada yang kurang.
  • saya penah bertanya dengan mahasiswa Nuklir Saudi “If Saudi’s people worried about Iran Nuclear Program, why don’t  Saudi also build a Nuclear Reactor?”…tetapi dia cuma tersenyum …🙂    dan setelah itu ngomongin hal lain  …🙂
  • Go PLTN  di Indonesia sepertinya  hanya dan hanya jika pltn meningkatkan popularitas politikus/partai…..selama imagenya hanya menurunkan popularitas maka sulit di approve sebagai keputusan pemerintah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: