BRI Internet Banking

Baru-baru ini ada kebijakan baru di kantor bahwa uang makan akan ditransfer langsung ke rekening BRI, begitu juga gaji ke-13 yang katanya juga sudah ditransfer.

Pagi-pagi saya ke ATM di depan kantor untuk mengecek apakah gaji ke-13 sudah masuk.

ketika saya di ATM saya tidak menemukan menu untuk melihat beberapa transaksi terakhir (atau mungkin saya tidak berhasil menemukannya), yang saya temukan hanya informasi mengenai saldo.

saya coba menu “Transaksi Lainnya” di sana saya malah menemukan menu registrasi untuk internet banking dan sms banking, langsung saja saya registrasi.

memang beberapa bulan yang lalu ada beberapa teman yang mencoba untuk menggunakan internet banking BRI, tetapi masih belum bisa digunakan (mungkin masih dalam versi beta).

saya kemudian menuju kubikel (mau nyoba intenet banking BRI). saya buka https://ib.bri.co.id/ib-bri/Login.html dan kemudian login. dan ternyata berhasil….🙂 …

menu dan tampilannya cukup menarik, tidak kalah dengan Internet Banking Mandiri dan BNI, hanya saja di sini saya belum memiliki Token Pin atau mTOKEN, semacam alat kecil untuk mengacak pin, seukuran kalkulator mini, atau malah lebih kecil,  tapi nggak masalah saya sudah bisa cek saldo dan melihat transaksi terakhir.

Alhamdulillah, gaji ke-13 dan uang makan sudah masuk….

NB:

  1. Pengalaman saya waktu menggunakan BNI dan Mandiri internet banking, kita akan dikenai charge sekitar Rp 8000,- per bulan, bila dilengkapi dengan “Token Pin” atau “mTOKEN”…..mungkin kalau tanpa “Token Pin” bisa gratisss…..maunya hehehe.
  2. Bila tanpa “Token Pin” kita masih bisa melihat saldo dan beberapa transaksi terakhir, tapi kita tidak bisa melakukan transaksi “debet” (tranfer, pembelian pulsa, bayar PLN, PBB, ..dll).
  3. Untuk mendapatkan “Token Pin” kita harus datang langsung ke kantor cabang BRI, pengalaman saya di BNI dan Mandiri perlu waktu sekitar 1-2 minggu, dari pemesanan hingga Token Pin diserahkan.
  4. Rekening BNI beserta internet bankingnya akhirnya saya tutup, biar lebih efisien, karena banyak nganggur-nya….sebenarnya tidak benar2 ditutup, hanya  nggak ada isinya (saldonya nol).
  5. Semoga kualitas layanan internet banking BRI semakin baik dan handal dan juga murah, bisa-bisa sekalian Mandiri-nya saya tutup, biar lebih efisien😀,  tapi kalo uangnya banyak sebaiknya kita memiliki banyak rekening di berbagai bank yang berbeda….masih ingat kan kasus century.
  6. Internet banking, sms banking, ATM, menyimpan uang di bank tetap memiliki resiko, tapi emang uangnya mau taruh di mana? di bawah kasur?
  7. memang menyenangkan ada ATM BRI di depan kantor, tapi kok sering gak bisa tarik tunai…..ntar namanya bisa-bisa diganti AKTM (Anjungan Kadang2 Tunai Mandiri).
  8. Registrasi sms banking saya sepertinya gagal, dari tadi tak tunggu2 gak ada sms konfirmasi yang masuk.

Comments on: "BRI Internet Banking" (6)

  1. Defna Lupita Vidyastari said:

    Kak, kemarin ngurus untuk aktifin e-banking BRI ke kantor langsung ya ? atau cuma registrasi di atm aja ? ak dulu mau pake e-bankingnya, udah registrasi di atm, setelah tanya ternyata disuruh ke BRI pusat untuk yg di Jogja . .

    • aku cuman aktifin untuk melihat saldo & 5 transaksi terakhir…jadi aktivasi e-banking cuman lewat atm…
      untuk bisa melakukan transaksi debet (tranfer, pembelian pulsa, bayar PLN, PBB, ..dll) memang harus datang kekantor cabang….untuk memesan mToken

      • Pesan mToken kena biaya bulanan atau adm lainya gak yah,,, karena punya aku udah ada sms banking dan juga internet banking tapi baru daftar di atm lum registrasi,,, kalo internet banking brapa makx tranfer dalam 1 hari? da yg bisa bantu keluhan aku gak trims

      • IB BRI tidak dikenai charge bulanan…
        kemarin2 saya daftar mtoken, ternyata pake hp….nggak kayak mandiri or BNI internet banking…ada alat khusunya (kayak kalkulator kecil)
        di BRI mtokennya pake hp kita sendiri…setelah registrasi di kantor BRI cara pemakaiannya….
        1. sign in di IB BRI
        2. click tombol untuk minta token pin
        3. angka/kode token pin akan dikirim lewat sms …5 sandi sekaligus
        max total transaksi dibatasi 1 jt/hari…

  2. Sudah lama saya mendengar tentang IB BRI ini, tetapi belum berani mencoba untuk menggunakannya, karena kebetulan saya harus buka rekening BRI dulu sebab belum punya rekening BRI.

    Melihat gambar diatas, fiturnya masih kalah dengan fitur IB-nya Mandiri dan BCA, sebab di BCA & Mandiri data transaksi lebih jelas dimana kelihatan data nama pengirim. Hal ini saya pikir sangat perlu sekali di zaman internet sekarang ini, supaya kita bisa mengecek data transfer dari seseorang yang mengirim duit kepada kita. Misalnya kita menjual barang secara online, hal ini sangat perlu sekali.

    Harapan saya semoga BRI menambah fitur tersebut, sebab saya yang seorang pebisnis online, sudah sering mendapat permohonan dari calon pelanggan supaya membuka rekening BRI juga untuk transfer pembayaran.

    • harapan saya juga sama….smoga fiturnya juga nambah banyak dan bagus….
      NB di BRI ada yang sedikit beda:
      1. max transaksi per hari 1 jt
      2. saldo minimal saat pengajuan internet banking 5 jt…tapi kalo sudah aktif bisa tetap dipakai walaupun saldo dibawah 5 jt

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: