Tanggal 5 Mei 2010 saya berangkat ke Jogja (perjalanan dinas), seperti biasa saya pulang dulu ke Kendal (my home town).

Pemesanan tiket untuk Semarang- Jakarta saya lakukan secara online dengan pembayaran melalui Internet Banking Mandiri, waktu itu saya membuka dua tab (menggunakan Mozilla Firefox). satu untuk melihat jadwal perjalanan Jogja-Jakarta (karena ada seorang teman saya yang mau liat jadwal penerbangan Jogja-Jakarta) dan satu lagi untuk perjalan Semarang-Jakarta.

Tapi entah kenapa saya keliru untuk meneruskan proses, saya meneruskan tab untuk Jogja-Jakarta, dan beberapa menit kemudian saya bayar menggunakan Mandiri Internet Banking.

Rincian Pemesanan
Kode Pesanan        JWPQJA             Kode Pembayaran ATM 1880028792503
Tanggal Pemesanan 28 April, 2010       Silakan Bayar Sebelum 28 April, 2010, 20:10
Detail Penumpang
Nama                 Nomor Lion Passport     Nomor Tiket    Permintaan Khusus
1. MR ARIF ISNAENI      NA                      N/A            NA
Detail Itinerary
PenerbanganBerangkat      Tiba
Jogjakarta   Jakarta
(JOG)        (CGK)
JT 559    11:40        12:40

TRANSAKSI ANDA TELAH BERHASIL
Nomor Transaksi: 1004280017191
Tanggal – Jam: 28 Apr 2010 – 15:40:00
Dari Rekening     :1210004776211 – Tabungan Rp.
Penyedia Jasa                 :Lion Air
Kode Pembayaran               :1880028792503
Kode Booking                  :JWPQJA
Nama Penumpang                :ISNAENI/ARIF MR
Jumlah Seat                   :01
Nomor Penerbangan             :JT 559 Q JOG-CGK 09/05 11:40
Jumlah Pembayaran (Rp. )      :409.300,00
Biaya (Rp. )                  :0,00
Total Jumlah Didebit (Rp. )   :409.300,00

and ……. “the story began”………..saya baru sadar kalo saya salah booking Tiket Promo……….malam itu juga saya call Customer Service Lion Air:

CS:  “ada yang bisa saya bantu pak”

Arif:  “mas saya booking tiket dengan no booking JWPQJA,  saya mau ganti dari Jogja-Jakarta  ke   Semarang-Jakarta”

CS:  “tidak bisa pak kalo ganti rute, kalo ganti jam terbang bisa pak”

Arif:  “Kalo ganti nama bisa nggak ?” (mau tak tawarin ke temenku yang balik dari Jogja ke Jakarta)

CS:  “juga tidak bisa pak”

Arif:  “waduh…..tiket nya hangus dong ?”

CS:  “bisa di refund pak!   bapak sekarang di mana?”

Arif:  “Saya di Ciputat”

CS:  “bapak bisa ke Lion Tower di Gajah Mada”

Arif:  “Ok, terima kasih”

paginya saya ke Lion Air Tower (sebelah kantor), saya diminta untuk mengisi form dan menunggu uang untuk di refund kira-kira 2 minggu kemudian, dengan potongan pinalti 50rb ……dan pada saat yang sama saya sekalian booking untuk “Semarang-Jakarta”.

NB:

  1. kira-kira dua minggu kemudian saya mendapatkan refund dengan potongan 50 rb.
  2. pengajuan / permintaan refund sebaiknya dilakukan secepatnya, karena kalau permintaan refund dilakukan pada tanggal tiket belaku (hari pemberangkatan) mungkin akan ribet urusannya…dan mungkin refund gagal dilakukan.
  3. memang mungkin benar kata orang “customer is the king, customer adalah aset berharga bagi perusahaan”……..setidaknya itu terbukti waktu saya jadi customer service XL…………so be a smart customer…. lakukan complain dengan baik………rasional………karena kemungkinan besar percakapan anda di rekam…..dan bisasanya kata kunci yang sering dipakai smart customer bila komplain mereka tidak ditanggapi…they will say………”saya akan blow up di mass media bila complain saya tidak ditanggapi”… yang berarti akan membuat iklan/berita negatif tentang produk mereka…. yang sangat mungkin akan menurunkan penjualan………seperti complain saya (halah narsis …. sok smart …hehehe) …. yang akhirnya mendapat jawaban (klik di sini) .
  4. waktu saya jadi customer service XL keluhan para bos yang paling utama adalah tidak bisa ditelpon (walau semua kelihatan normal, ada sinyal, hp bagus, dan seterusnya)…hal ini mengakibatkan peluang bisnis mereka hilang…kalo nggak bisa telpon mereka nggak begitu masalah…coz biasanya telp/hp mereka banyak….jadi bisa pake yang lain klo yang XL bermasalah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: